Macam Macam Sedekah yang Belum Diketahui Bagian I (Dzikir)

Berbuat baik seperti bersedekah mungkin bagi sebagian banyak orang tertuju pada sedekah yang bersifat benda seperti uang, makanan dan lain sebagainya. Padahal apabila kita memperlajari lebih jauh tentang sedekah, macam macam sedekah itu sangat banyak tidak harus berupa harta dan bahkan mungkin belum kita ketahui. 

Macam Macam Sedekah yang Belum Diketahui Bagian I (Dzikir)

Banyak orang yang masih awam mencari-cari pengertian apa itu sedekah dan macam macam sedekah yang ada di dalam Islam. Keutamaan dalam bersedekah memang sangat besar dan tertuang di dalam firman Allah SWT didalam Al Qur’an yg berbunyi,
"Sesungguhnya orang – orang yg bersedekah baik itu Laki maupun Perempuan dan meminjamkan kepada Allah SWT pinjaman yang baik. Niscaya akan dilipat gandakan pahala kepada mereka dan bagi mereka yang pahala yang banyak (QS. Al Hadid Ayat 18)". 
Dari firman tersebut dijelaskan bahwa sedekah akan menjadi bukti keimanan seorang Muslim, karena bisa membebaskan dari Siksa Kubur. Selain itu Sedekah juga dapat menjauhkan dari Siksa Api Neraka. Dan hal ini senada dengan HR. Al Bukhari dan Muslim yang menyebutkan ” Jauhilah Api Neraka, walau hanya dg bersedekah sebesar biji kurma. Jika kamu tak punya maka bisa dengan mengucapkan kalimat Thayyibah”.

Segala macam dan bentuk ibadah tentunya akan berbuah pahala bagi siapa saja yang menjalankannya. Dari sekian banyak bentuk dan macam macam ibadah, sedekah adalah salah satu bentuk amalan yang mendatangkan pahala. Selain itu sedekah juga bertujuan untuk menjadikan manusia kembali ke hakekat manusia yang harus membantu bagi sesama mahluk Allah SWT baik itu manusia, hewan, tumbuhan, alam dan lain sebagainya. Untuk itu maka macam macam sedekah dari paling kecil sampai yang terbesar mungkin kamu belum banyak mengetahuinya.

Macam Macam Sedekah Bagian I (Dzikir)

Sebenarnya untuk macam – macam sedekah dalam Islam sangatlah luas. Pemahaman lebih luas tentang macam macam sedekah akan diulas secara bertahap untuk membantu Anda mempermudah pemahaman mengenai bentuk dari sedekah tersebut.

Sedekah ini merupakan sedekah berupa ucapan kita yang senantiasa berdzikir disetiap langkahnya seperti membaca Tasbih, Tahlil dan Tahmid. Pernyataan tentang sedakah dalam bentuk dzikir ini pernah diutarakan oleh Aisyah Ra bahwasanya Nabi Muhammad Saw pernah berkata,
”Bahwa diciptakan dari setiap Anak Cucu Adam 360 persendian. Maka barang siapa yg membaca Takbir, Tahmid, Tasbih, Beristighfar, Menyingkirkan Duri, Tulang ataupun Batu dari Jalan, Amar Ma’ruh Nahi Mungkar maka akan dihitung sejumlah 360 persendian dan dia sd berjalan pada hari itu, sedangkan dia dibebaskan dirinya dari Siksa Api Neraka (Hadist Riwayat Muslim) ”.
Dari hadist tersebut terlihat jelas bahwa dengan mengingat Sifat-Sifat Allah SWT akan dihitung sejumlah 360 persendian dan dia sd berjalan pada hari itu. Selain berdzikir, disebutkan bahwa hanya dengan menyingkirkan duri, tulang ataupun baru dari jalan juga termasuk dalam sedekah tersebut. 

Uraian tentang macam macam sedekah dalam bentuk mengucapkan Tasbih, Tahlil dan Tahmid ini hanya sebagian sedikit dari sekian banyak sedekah berdzikir. Apabila ingin mengetahui lebih jelas dan mendalam tentang sedekah dalam bentuk dzikir maka bisa dilihat di artikel berikutnya.

Semoga dengan uraian singkat mengenai macam macam sedekah berupa ucapan dzikir ini bisa membantu untuk lebih bisa menghargai dan selalu berhati-hati dalam melangkah.



Comments