Cari Tahu Tentang Manfaat Kopi Hijau (Green Coffee Bean)

Mengingat semakin banyaknya artikel yang menyebutkan tentang manfaat dari kopi hijau (green coffee bean). Berbagai artikel ada yang menyebutkan bahwa kopi hijau sangat ampuh dalam menurunkan berat badan atau diet. Tetapi di lain pihak terdapat juga artikel yang menyebutkan bahwa green coffee bean tidak begitu efektif untuk menurunkan berat badan.

Dengan adanya kontroversi tersebut maka disini akan kita kupas tentang kedua sisi yang pro dan kontra tentang khasiat dari kopi hijau. Untuk itu mari kita cari tahu keduanya dengan mencari referensi dari berbagai sumber tentang pernyataan khasiat kopi hijau dalam membantu proses diet. Namun sebelum membahasnya terlebih dahulu mari cari tahu apa itu Kopi Hijau (green coffee bean).

Cari tahu manfaat dari kopi hijau, manfaat green coffee bean. Manfaat lain kopi hijau
Kopi Hijau (Green Coffee Bean) 》Sumber foto: alodokter.com


Apa itu Kopi Hijau atau Green Coffee Bean?
      Kopi Hijau atau Green Coffee Bean adalah biji kopi yang belum dipanggang atau disangrai. Pada umumnya biji kopi ini hanya direndam dan kemudian dikonsentrasikan lagi untuk membuat ekstraknya. Penyebutan Kopi Hijau ini merupakan istilah untuk mempermudah membedakan kopi yang sudah di panggang dan belum.

Kandungan Kopi Hijau atau Green Coffee Bean
  Kelebihan dari Kopi Hijau adalah masih memiliki kandungan asam klorogenik yang lebih tinggi dari pada biji kopi yang sudah disangrai. Dalam biji Kopi Hijau kandungan asam klorogenik atau CGA masih memiliki kemurnian hingga 100%. Kandungan asam klorogenik ini dianggap mampu mempengaruhi metabolisme,  dan kadar gula darah yang kemudian digunakan untuk membantu proses diet. 

Cita Rasa dari Kopi Hijau atau Green Coffee Bean
     Ekstrak dari biji Kopi Hijau atau Green Coffee Bean sangat berbeda dengan biji kopi yang disudah dipanggang. Aroma dari Kopi Hijau tidak seperti aroma kopi pada umunya. Sehingga kopi jenis ini sangat cocok bagi yang tidak menyukai kopi.

Ulasan tentang Manfaat Kopi Hijau untuk menurunkan Berat Badan
    Ulasan ini mengenai pro dan kontra dari manfaat kopi hijau atau green coffee bean yang bisa digunakan untuk membantu program diet seseorang. Ada beberapa ulasan yang bisa kita jadikan acuan untuk menjawab tentang keakurasian tersebut.

Pertama penelitian pertama dilakukan pada tahun 2012
Penelitian ini dilakukan oleh Dokter Oz yang melibatkan 16 orang. Dalam hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan. Namun sayangnya penelitian ini disponsori oleh perusahaan ekstra kopi Green Bean.

Penelitian kedua dilakukan secara independen
Di penelitian kedua ini dilakukan dengan memilih 142 responden secara acak. Hasil analisisnya menyebutkan bahwa ekstrak kopi hijau atau Green Coffee bean memberikan efek yang biasa tidak seperti penelitian sebelumnya. Dalam penelitian tersebut memang berpengaruh terhadap penurunan berat badan tetapi tidak dalam jumlah besar.

Manfaat lain dari Kopi Hijau (Green Coffee Bean)
   Selain dapat menurunkan berat badan walaupun tidak signifikan, ternyata kopi hijau atau Green Coffee Bean juga mempunyai manfaat lain, diantaranya:

1. Menurunkan Darah Tinggi
Asam Klorogenat yang terkandung dalam Kopi Hijau ternyata juga dapat mengurangi tekanan darah. Hal ini dikuatkan dengan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension yang menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi hijau peehari menunjukkan ada perubahan pernurunan tekanan darah. 

Hasil penelitian tersebut juga terbukti belum ada efek samping yang terjadi pada pasien, sehingga dapat di tarik kesimpulan kalau minuman dari Kopi Hijau sangat aman dalam membantu mengurangi tekanan darah tinggi.


2. Meningkatkan Mood
Kandungan kafein dalam kopi hijau memiliki efek yang positif terhadap suasana hati dan juga pada aktivitas otak. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakuakn oleh Nutrition Bulletin pada bulan Febuari tahun 2008. Dalam penelitian tersebut menghasilkan beberapa studi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Dari hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa asupan optimal untuk sajian kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau sekitar 1/3 cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

3. Merupakan Penghasil Antioksidan 
Biji Kopi hijau ternyata mangandung beberapa zat antioksidan yang dapat mengurangi efek dari radikal bebas. Kita tahu bahwa efek dari radikal bebas dapat merusak sel dalam tubuh. Hal ini terbukti pada penelitian yang dilakukan pada bulan juli 2004 dalam Journalmof Agricultural and Food Chemistry yang membuktikan bahwa antioksodan asam klorogenat yanh terkandung dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan dari empat sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah berkembangnya beberapa jenis penyakit kanker.




Referensi:

https://hellosehat.com/plus-minus-mengkonsumsi-kopi-hijau/
https://majalah.ottencoffee.co.id/benarkah-kopi-green-bean-bagus-untuk-diat/
http://www.alodokter.com/manfaat-green-coffee-untuk-diet-ini-faktanya&ved

Comments