Pengetahuan Jenis Kopi Robusta yang Perlu Kita Ketahui

Jenis biji kopi robusta, ciri-ciri, kelebihan, tanaman, pangsa pasar, kualitas kopi robusta
bibitbunga.com
Membicarakan soal kopi tentu kita juga harus mengetahui asal mula sebelum kopi itu menjadi minuman yang nikmat dan memiliki banyak penggemar di berbagai belahan dunia. Kopi merupakan minuman yang berasal dari penyeduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. Dan kopi adalah salah satu komoditas dunia dan dibudidayakan di lebih dari 50 negara.

Kopi memiliki rasa dan aroma yang sangat menarik sehingga mempunyai banyak penggemar setia. Selain itu minuman kopi juga memiliki manfaat yang beragam mulai dari menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, sampai menurunkan resiko berbagai penyakit jantung.

Secara umum biji kopi itu terdapat tiga jenis yaitu, Arabika, Robusta, dan Larabika. Dari ketiga jenis biji kopi tersebut disini akan mengupas pengetahuan lebih tentang jenis kopi Robusta.

Pengetahuan tentang Jenis Kopi Robusta

1. Asal Kata "Robusta"
     Kata Robusta berasal dari kata "robust" yang mempunyai pengertian kuat. Dalam hal ini pengertian kata "kuat" menggambarkan tentang karakteristik Jenis Kopi Robusta yang memiliki kekentalan dan aroma yang kuat.

2. Jenis Tumbuhan Kopi Robusta
     Jenis Kopi Robusta merupakan keturunan dari beberapa spesies kopi. Turunan utamanya adalah dari jenis spesies Coffea Canephora.

3. Karakteristik dari Tanaman Kopi Robusta
     Untuk karakteristik dari Tanaman Kopi Robusta akan dijelaskan lebih detail tentang tanaman ini.

Jenis Biji Kopi Robusta, karakteristik kopi robusta, tanaman dan pengetahuan tentang kopi robusta
antaranews.com
- Akar dari Tanaman Kopi Robusta
  Akar dari tanaman ini memiliki akar yang sangat dangkal sehingga membutuhkan tanah yang subur serta kaya akan kandungan unsur organik. Selain itu Tanaman Kopi Robusta juga sensitif terhadap kekeringan.



- Cabang dari Tanaman Kopi Robusta
 Bentuk cabangnya tumbuh tegak lurus dengan susunan daun yang berselang-seling. Dan untuk buah kopi yang dihasilkan dari cabang primer yang tumbuh mendatar yang membentuk tajuk seperti payung dan cabangnya cukup lentur.

- Bentuk Daun dari Tanaman Kopi Robusta
 Bentuk daunnya membulat menyerupai bentu telur. Sedangkan untuk ujung daunya berbentuk runcing dan ada juga yang tumpul. Daun Tanaman Kopi Robusta tumbuh di seluruh bagian tanaman seperti Cabang, ranting dan batang.

- Bunga dari Tanaman Kopi Robusta
  Bunga yang dihasilkan Tanaman Kopi Robusta akan mulai muncul pada umur sekitar 2 tahun. Dan biasanya mulai mekar pada musim kemarau. Bunga dari Tanaman Kopi Robusta biasanya muncul di area ketiak dari cabang primer dan biasanya terdapat 3-4 kelompok bunga.

- Jenis Penyerbukan dari Tanaman Kopi Robusta
  Tanaman jenis ini melakukan penyerbukannya secara silang.

- Masa Panen Buah dari Tanaman Kopi Robusta
  Ketika masih muda buahnya akan berwarna hijau dan lama kelamaan akan berubah menjadi warna merah yang menandakan bahwa buahnya siap untuk dipanen. Untuk jangka waktu untuk memanen sekitar 10-11 bulan ketika tanaman mulai berbunga. Walaupun sudah matang, buah Kopi Robusta tidah akan jatuh dan akan tetap menempel kuat ditangkainya.

4. Pertumbuhan Tanaman Kopi Robusta
    Untuk lokasi pertumbuhannya meliputi berbagai aspek diantaranya:

- Lokasi Pertumbuhan Tanaman Kopi Robusta
 Tanaman jenis ini tumbuh di dataran rendah dan akan tumbuh secara maksimal pada ketinggian 400-800 mdpl. Selain itu untuk suhu yang sesuai adalah berkisar 24-30°C dengan intensitas curah hujan berkisar antara 2000 sampai 3000 mm pertahun. Dan sangat cocok di daerah tropis yang basah.

- Kondisi Tanah Tanaman Kopi Robusta
  Untuk kondisi tanah yang sesuai adalah tanah yang gembur dan kaya akan kandungan unsur organik. Selain itu untuk tingkah keasaman tanah (pH) sekitar 5,5 sampai 6,5. Dan sangat disarankan untuk menanam di bawah lindungan pohon lainnya yang lebih besar.

5. Penyebaran Kopi Robusta
   Tanaman Kopi Robusta pertama kali berasal dari hutan equator di Benua Afrika. Dan sekarang Tanaman Kopi Robusta sudah dibudidaya secara eksklusif di belahan bumi bagian timur terutama Afrika dan Asia. Selain daerah tersebut Jenis Kopi Robusta juga di prosuksi di Negara Brazil dan India juga walaupun tidak begitu dominan. Tetapi untuk penghasil produksi Kopi Robusta adalah dari Negara Vietnam.

Jenis Biji Kopi Robusta, karakteristik kopi robusta, tanaman dan pengetahuan tentang kopi robusta
ketahui.com

6. Karakteristik dari Produk Kopi Robusta
    Produk dan hasil dari pengolahan biji Kopi Robusta dapat dilihat dari beberapa aspek berikut ini:

- Kandungan Kafein dari Kopi Robusta
 Biji Kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih besar dari Biji Kopi Arabika sekitar lebih dari dua kali lipatnya. Kandungan kafeinnya berkisar 1,7 - 4%.



- Aroma dari Kopi Robusta
 Aroma Kopi Robusta tidak sekuat dari aroma Kopi Arabika. Biji Kopi Robusta cenderung beraroma seperti coklat dan tidak terlalu masam. Di beberapa tempat di Indonesia bahkan beraroma seperti rempah-rempah, kayu basah dan tumbuhan.

- Rasa dari Kopi Robusta
  Kopi Robusta memiliki karakter rasa yang beragam meliputi full body, low acid, dan terkadang sedikit terasa flavor caramelly/chocolate.

- Harga dari Kopi Robusta
  Untuk harga Jenis Kopi Robusta di pasaran dijual lebih rendah dari harga Jenis Kopi Arabika. Dengan harganya yang rendah maka berdampak pada penanganan dari tanaman ini sehingga mutu dari kopi yag dihasilkan menjadi rendah.

7. Pangsa Pasar dari Kopi Robusta
   Kebutuhan pasar akan produk Jenis Kopi Robusta pada tahun 1950-an sekitar 25-30% dari seluruh perdagangan kopi di dunia. Dan pada saat itu harganya relatif sama dengan harga Kopi Arabika. Namun seiring berjalannya waktu produksi dari Kopi Robusta meningkat lebih dari 30% sehingga harganya untuk saat ini berada jauh di bawah harga Kopi Arabika bahkan hampir setengahnya.



Comments