Perbedaan Mendasar tentang Blog dan Website

Banyak yang mengira bahwa blog dan website itu sama tetapi dilain pihak ada juga yang menyebutkan keduanya itu berbeda. Sebenarnya kedua pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak pula sepenuhnya benar. Karena kedua istilah tersebut juga memiliki persamaan, jadi bisa dikatakan blog dan website itu memiliki perbedaan dan juga persamaan.

Perbedaan mendasar blog dan website

Untuk bisa memahami kedua istilah tersebut disini akan dijelaskan terlebih dahulu tentang perbedaan keduanya. Dan informasinya ini setidaknya bisa memberikan informasi lebih tentang istilah blog dan website. Sekarang mari kita bahas beberapa perbedaan yang mendasar tentang blog dan website.



1. Berdasarkan Kontennya
- Blog terdiri dari berbagai macam konten dan topik dari konten tersebut bisa beruapa bahasan mengenai teknologi, hobby, pekerjaan dan lain-lain.

- Website biasanya fokus pada satu produk saja, dengan kata lain website hanya memiliki isi atau konten dengan genre yang serupa.

2. Berdasarkan Daftar Konten
- Blog memiliki daftar kronologis setiap postingannya. Semua konten yang ada akan tersusun dengan rapi dari yang paling lama sampai yang terbaru.

- Website memiliki konten yang statis sehingga kalian tidak akan menemukan daftar-daftar seperti itu (blog) di website.

3. Berdasarkan Informasi Formal dan Informal
- Blog menggunakan bahasa yang fleksibel, ada yang formal maupun informal. Tetapi ada juga menggunakan kedua gaya bahasa tersebut.

- Website biasanya memggunkan bahasa yang lebih formal untuk menggambarkan setiap isi di dalam websitenya

4. Berdasarkan Interaksi Penggunanya
- Blog dianggap lebih interaktif dengan pengguna atau pembacanya. Karena di dalam blog biasanya berisi penawara kepada setiap pembacanya untuk berkomentar, menyukai dan membagikan postingan kita ke media sosial miliknya.

- Website biasanya kolom komentar yang ada sengaja di blok sehingga membuat para pengguna dan penyedia layanan (website) jarang terjadi interaksi.

5. Berdasarkan Homepage
- Blog biasanya memiliki homepage yang berisi berbagai tulisan yang telah di posting.

- Website memiliki homepage yang berbeda dengan blog. Homepage yang terdapat di website akan menjelaskan tentang isi dasar dari website dan akan memberitahukan semua jenis produk yang ada di website.

6. Berdasarkan Waktu
- Blog memiliki jeda waktu yang sangat pas untuk menarik pengunjung yaitu pada jam 08:00 sampai dengan 12:00.

- Website tidak keterikatan waktu sehingga bisa kapan saja dan sangat fleksibel.

7. Berdasarkan Ratingnya
- Blog sebagian besar dianggap aktif. Hal ini tergantung dari jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya.

- Website berbeda karena tidak dipengaruhi oleh rating seperti itu.

8. Berdasarkan Coding
- Blog tidak memerlukan keahlian khusus dalam melakukan coding karena di blog sudah tersedia dan dapat di download sesuai dengan kebutuhan.

- Website sangat rumit karena anda harus menguasai tentang tata cara coding seperti HTML5, CSS3, PHP dan lain-lain.

9. Berdasarkan Search Engine
- Blog akan mendapatkan peluang terindek oleh mesin pencarian karena isi blog itu fleksibel sehingga masin pencarian akan melakukan pencarian lebih banyak pada blog yang tersedia.

- Website sifatnya statis sehingga memiliki pencarian yang sangat terbatas.

Perbedaan diatas tentang Blog dan Website merupakan hanya perbedaan dasarnya saja. Tetapi setidaknya dari informasi tersebut kita menjadi lebih mengetahui ponit-ponit penting dari keduanya.




Referensi:

http://d-genera.blogspot.co.id/2013/07/perbedaan-antara-blog-dan-website.html

Comments