Jenis Kopi Sidikalang Penyaing Kopi Brazil

Satu lagi nih jenis kopi terbaik yang berasal dari bumi Nusantara. Jenis kopi ini terkenal dengan sebutan Kopi Sidikalang. Kopi Sidikalang sudah terkenal dan diakui di dunia kalau Kopi Sidikalang memiliki cita rasa upyang mantap. Bahkan Kopi Sidikalang sendiri memiliki pesaing berat yaitu Kopi Brazil yang menjadi salah satu kopi terbaik di Dunia.

Walaupun memiliki rival yang sangat berat, Kopi Sidikalang tetap memiiki kekhasan yang tidak dimiliki jenis kopi lainnya. Hal ini dikarenakan biji Kopi Sidikalang dihasikan dari tanah atau daerah yang berhawa dingin serta berada di ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut. Kopi Sidikalang memang sangat terkenal, untuk itu mari kita bahas tentang Kopi Sidikalang yang ini.

Jenis kopi arabika sidikalang rival atau penyaing kopi brazil, kopi sidikalang dari sumatra
Seorang Petani sedang Merawat Tanaman Kopi 》Sumber foto: minumkopi.com

Asal daerah Penghasil Kopi Sidikalang
     Kopi Sidikalang berasal dari suatu daerah di Provinsi Sumatra Utaram tepatnya di Kabupaten Dairi. Sidikalang merupakan nama sebuah Kecamatan yaitu Kecamatan Sidikalang. Selain itu Sidikalang juga merupakan nama dari ibukota Kabupaten Dairi.

Keadaan Geografis dan Topografis di Sidikalang
      Secara geografis Kab. Dairi berada di barat laut Prov Sumut dengan luas daerah sekitar 191.625 Ha atau sekitar 2,67% dari keseluruhan luas daerah yang ada di Prov Sumut. Sidikalang secara administratif terdiri dari 25 kecamatan yang tersebar di Kab. Dairi.

Sedangkan secara Topografis Kecamatan Sidikalang berada di daerah ketinggian dan terdiri dari gunung-gunung dan bukit dengan kemiringan yang sangat bervariasi. Ketinggian Kec Sidikalang diatas 1.000 m di atas permukaan laut. Dengan berada di daerah ketinggian maka daerah Sidikalang berhawa dingin dan sejuk serta kondisi alam yang masih alami.

Daerah Budidaya Kopi Sidikalang
     Budidaya Kopi Sidikalang mayoritas adalah Kopi Jenis Arabika. Untuk daerah penyebarannya di daerah sekitar Sidikalang dan berada di ketinggian sekitar 1.300  1.450 meter di atas permukaan laut. Luas keseluruhan perkebunan Kopi Sindikalang di Kab. Dairi seleuas 14.116 Ha dengan hasil produksi 6.770,33 ton per tahun. Sedangkan untuk Kopi Arabika seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton per tahun

Jenis Kopi dari Perkebunan di Sidikalang
     Kopi Sidikalang memiliki berbagai variasi jenis kopi yang diproduksi, diantaranya adalah Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Dari kedua jenis Kopi tersebut terdapat juga pengembangan lainnya. Seperti Kopi Ateng yang mana budidayanya merupakan berbentuk tanaman kopi yang sangat pendek dan mempunyai ranting yang panjang dan dipenuhi biji kopi. Kopi ateng juga memiliki masa panen yang singkat yaitu umur 2,5 tahun sudah bisa untuk dipanen.

Produksi Kopi Sidikalang lainnya adalah "Kopi Luwak Liar Arabika Sidikalang". Kopi ini didapatkan dari kotoran hewan luwak liar dan kemudian diolah hingga kadar kekeringannya sekitar 18%.


Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kopi_sumatera

http://www.garnesia.com/news/read/522/komoditas-unggulan-kopi-sidikalang-dari-sumatera.html

http://www.kompasiana.com/ agus_oloan/pesan-kopi-sidikalang-untuk-para-penggemar-kopi_5561f154e5afdbb823d47502

Comments