Ciri-Ciri dan Manfaat Tumbuhan Bidara untuk Kesehatan

Mungkin kalian belum banyak yang mengetahui tentang manfaat daun bidara untuk kesehatan. Namun sebelum mengulas tentang manfaat daun bidara, disini akan diulas tentang ciri-ciri tumbuhan bidara. Dan untuk beberapa manfaat dan khasiat daun bidara untuk kesehatan akan dibahas di artikel berikutnya.

Untuk memulai mengenal lebih jauh tentang tumbuhan bidara mari kita semak beberapa ciri-ciri dari tumbuhan bidara. Pohon bidara merupakan jenis pohon yang termasuk dalam kelas semak dan menghasilkan buah. Untuk area pertumbuhannya berada di daerah yang beriklim kering. Nama lain pohon bidara atau widara ini sangat beragam.

Ciri-ciri tumbuhan bidara
Gambar Pohon Bidara 》Sumber: Google Images Search

Dan berikut beberapa nama lain pohon bidara

- Widara (Jawa)
- Dara (Jawa)
- Bukol (Madura)
- Bekol (Bali)
- Ko (Sawu)
- Kok (Rote)
- Kom
- Kon (Timor)
- Bedara (Alor)
- Bidara (Makasar, Bugis)
- Rangga (Bima)
- Kalangga (Sumba)

Ciri-ciri tumbuhan bidara
Gambar Pohon Bidara 》Sumber: Google Images Search

Sebutan lain tumbuhan bidara di berbagai negara

- Bidara
- Jujub
- Epal Siam (Malaysia)
- Manzanitas (Filiphina)
- Zee-pen (Burma)
- Putrea (Kamboja)
- Than (Laos)
- Phutsaa
- Ma Tan (Thailand)
- Tao Nhuc (Vietnam)

Sedangkan dalam bahasa Inggris pohon Bidara dikenal dengan nama Jujube, indian Jujube, Imdian Plum, atau Chinese Apple, serta Jujubier dalam bahasa Prancis.

Ciri-Ciri Tumbuhan Bidara

Sebagai jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, tumbuhan bidara sendiri mempunyai beberapa ciri yang diantaranya adalah:




Pohon Tumbuhan Bidara

Pada ciri-ciri pohon bidara merupakan pohon yang berukuran kecil dan biasanya bengkok. Untuk tinggi tumbuhan bidara sekitar 15 meter dengan gemang batang hingga ukuran 40 cm. Sedangkan untuk cabang yang tumbuh menyebar dan menjuntai dengan ranting-ranting yang tumbuh simpang siur dan berambut pendek.

Daun Tumbuhan Bidara

Ciri-ciri daun bidara selalu berwarna hijau namun terkadang pada saat musim kemarau menggugurkan daunnya. Untuk bentuknya pada daun penumpu daun bidara berupa duri, sendirian dan lurus sekitar 5 sampai 7 mm. Selain itu ciri-ciri daunnya berbentuk pasangan dimorfis dengan daun yang kedua lebih pendek dan melengkung. Namun juga kadang tanpa duri.

Ciri-ciri tumbuhan bidara
Gambar Daun Bidara 》Sumber: wikipedia

Untuk daun tunggal daun bidara ciri-cirinya terletak berseling dengan helai daun bundar telur menjorong atau jorong lonjong dengan ukuran 2-9 cm x 1.5-5 cm. Ciri-ciri lain daun bidara bertepi rata atau sedikit menggigit, gundul dan mengkilap di sisi atas dan untuk tapat berambut kempa keputih berada di sisi bawahnya. Untuk tiga tulang daun utama tumbuhan bidara terlihat jelas dengan membujur sejajar dan bertangkai pendek dengan ukuran sekitar 8 sampai 15 mm.


Bunga Tumbuhan Bidara

Ciri-ciri bunga yang ada pada tumbuhan bidara berbentuk seperti payung menggarpu yang tumbuh di ketiak daun. Daun bidara memiliki panjang 1-2 cm dengan berisi 7-20 kuntum bunga. Ciri-ciri lainnya dari bunga tumbuhan bidara berukuran kecil dengan garis tengah antara 2 sampi 3 mm berwarna kekuningan dan beraroma sedikit harum.

Ciri-ciri lainnya dari tumbuhan bidara

- Tangkai dengan panjang 3-8 mm
- Berkelopak bertaju dengan 5 bentuk delta (menyegitiga)
- Memiliki rambut di luarnya dan gundul di sisi dalamnya
- Jumlah mahkota 5 agak seperti sudip
- Berbentuk cekung dan melengkung

Buah Tumbuhan Bidara

Ciri-ciri buah bidara berbentuk bulat, bisa juga berbentuk lonjong menyerupai bentuk telur. Untuk ukuran buahnha sekitar 6 cm x 4 cm pada kultivar-kultivar yang dibudidayakan. Namun terdapat juga buah bidara yang berukuran lebih kecil pada pohon-pohon yanb meliar.

Ciri-ciri lainnya buah bidara

- Berkulit halus atau kasar
- Mengkilap dengan warna kekuningan
- Berwarna merah kehitaman jika sudah masak
- Daging buahnya berwarna putih
- Sari buah memiliki rasa masam hingga manis
- Biji terlindung dalam tempurung yang berbingkul dan beralur acak
- Pada setiap buah berisi 1 sampi 2 inti biji berwarna coklat dan berbentuk jorong

Buah bidara ini biasanya diperjualbelikan sebagai buah segar untuk jenis buah bidara kultivar. Buah ini bisa dimakan langsung atau bisa juga dibuat untuk minuman segar. Ditempat lain buah bidara dijadikan sebagai manisan dan juga bisa dikeringkan. Sedangkan untuk buah bidara yang masih muda bisa dimanfaatkan untuk makanan dengan menambahkan garam atau bisa juga dijadikan rujak.

Setelah kalian mengetahui lebih banyak tentang ciri-ciri tumbuhan bidara, sekarang waktunya kalian untuk mengetahui beberapa manfaat atau khasiat daun bidara untuk kesehatan.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan


Sebenarnya daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, namun setidaknya dari uraian ini kalian akan mengetahui sedikit banyak tentang manfaat tumbuhan bidara.

1. Manfaat Daun Bidara Untuk Ruqyah Pengobatan Islam

Manfaat yang terkandung dalam daun bidara ddipercaya dapat menyembuhkan dan mengobati masalah yang diakibatkan oleh adanya gangguan ilmu hitam, jin maupun sihir yang dilaknat dalam Al-Qur'an.

Dalam kitab suci Al-Qur'an tanaman bidara di tulis dan disebutkan memiliki berbagai manfaat untuk pengobatan penyakit yang ada di surat QS.34 Saba':16, QS.56. AL-Waqidah:28 dan QS.53. An-Najm: 13-16. Di dalam surat tersebut diberitahukan bahwa dalam penggunaan daun bidara disarankan di campur dengan air mandi pada saat wanita telah suci atau haid. Kemudian penggunaan lainnya adalah untuk memandikan mayat bertujuan untuk menghilangkan najis dan kotoran mayat.

Manfaat lain dari daun bidara adalah untuk ruqyah atau pengobatan yang diakibatkan oleh gangguan jin (kesurupan). Selain itu untuk penyembuhan luka, daun bidara juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka dengan cara diseduh dengan air hangat atau ditumbuk ataupun dihaluskan untuk dijadikan obat lulur.

2. Manfaat Daun Bidara untuk Pencegahan Kanker

Karena daun bidara memiliki berbagai kandungan alami yang diperlukan tubuh, maka daun bidara ini juga dipercaya mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit kanker. Khasiat atau manfaat daun bidara ini mampu melindungi sel-sel dan jaringan tubuh lainnya yang mengalami penurunan. Sehingga dengan begitu dapat mencegah masuknya kuman, virus ataupun bakteri ke dalam tubuh.


3. Manfaat Daun Bidara untuk Ketahanan Tubuh (Sistem Imun Tubuh)

Apabila kita mengalami penurunan daya tahan tubuh biasanya untuk mencegah hal tersebut seringkali solusi makan atau minum suplemen adalah jalan terbaik. Namun padahal jika kita mengkonsumsi ekstrak daun bidara maka daya tahan tubuh dipercaya akan kembali. Dengan begitu secara perlahan sistem kekebalan tubuh akan meningkat dengan sendirnya.

4. Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Lambung

Salah satu kandungan terbesar dari daun bidara adalah nutrisi dan gizi. Selain itu kandungan serat juga banyak terkandung di dalam daun bidara sehingga dengan mengkonsumsinya akan dapat memperlancar pencernaan dan kedepannya bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang berasal dari dalam lambung.


5. Manfaat Daun Bidara untuk Sel

Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau daun bidara memiliki manfaat untuk awet muda atau terjadinya menunda penuaan dini. Padahal salah satu khasiat yang ada di dalam daun bidara adalah dapat membantu meregenerasi sel tubuh sehingga dapat menghasilkan seluruh sel yang memiliki kualitas baik.

Dengan memiliki sel yang sehat maka bukan tidak tubuh bisa terhindar dari penuaan dini.


6. Manfaat Daun Bidara untuk Jerawat

Selain dapat meregenerasi sel kulit, daun bidara juga bisa digunakan untuk menekan pertumbuhan jerawat di muka. Cara untuk perawat wajah tersebut adalah dengan cara membuat masker wajah dari daun bidara.

Masker wajah dari daun bidara dipercaya bisa menyehatkan kulit wajah dan membantu menghilangkan jerawat. Disamping itu masker daun bidara ini juga bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan bersih tanpa jerawat.


7. Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Kulit

Banyaknya kandungan zat yang baik untuk tubuh pada daun bidara ternyata juga bisa dimanfaatkan untuh membantu menjaga kesehatan kulit. Untuk yang memiliki kulit kering maka dengan mengkonsumsi ekstrak daun bidara secara tidak langsung dapat menambah kelembapan kulit.


8. Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Rambut

Manfaatnya lainnya yang bisa dimiliki daun bidara adalah untuk menyehatkan rambut. Dengan memanfaatkan daun bidara yang dihaluskan di rambut dengan memakai rambut akan menjadikan rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu dengan menggunakan daun bidara pada rambut juga bermanfaat untuk membuat kondisi rambut menjadi lebih pekat dari sebelumnya.

9. Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Mata

Dengan meminum ekstrak daun bidara dipercaya dapat membantu menyehatkan kondisi mata. Dengan begitu kondisi mata akan terhindar dari serangan penyakit mata seperti mata panda atau lingkaran hitam pada mata, mata silinder, mata minum ataupun plus dan lain-lain.


10. Manfaat Daun Bidara untuk Kardiovaskuler

Untuk memperlancar peredaran darah, ekstrak daun bidara adalah solusinya. Salah satu khasiat daun bidara untuk kardiovaskuler adalah dapat membatu mengatur aliran darah dalam tubuh agar tetap seimbang dengan tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.


11. Manfaat Daun Bidara untuk Pengobatan Demam

Jika kalian terserang demam maka alternatif yang bisa digunakan adalah dengan mengkonsumsi daun bidara dengan cara meminum ekstrak daun bidara. Dosis yang dianjurkan mambantu menurunkan demam ialah dengan minum 1 sendok makan ekstrak daun bidara 3 kali sehari.


12. Manfaat Daun Bidara untuk Pengobatan Luka

Berbagai zat baik yang terkandung dalam daun bidara mempunyai fungsi untuk membantu penyebuhan luka. Dengan menggunakan daun bidara maka luka yang ada dapat menjadi lebih cepat kering.

Cara untuk memanfaatkan daun bidara untuk mengobati luka luar adalah dengan menumbuk halus daun bidara dan sepanjutnya dibubuhkan ke luka yang diderita.

Itulah sebagian kecil dari keseluruhan manfaat yang dimiliki daun bidara. Setidaknya dari informasi manfaat-manfaat daun bidara ini bisa membantu Anda untuk mengetahui manfaat kesehatan dari tumbuhan-tumbuhan yang berada disekitar.

Comments